Ujian Nasional Tetap Dilaksanakan Tahun Depan


Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional, Dodi Nandhika mengungkapkan bahwa Ujian Nasional (UN) akan tetap dilaksanakan pada tahun depan. "Dalam rapat senin kemarin dengan DPR kita sepaham bahwa UN tetap dibutuhkan,"katanya saat dihubungi Tempo, Rabu (27/10).

Meskipun begitu, pelaksanaan UN masih terus dibahas dalam Panitia Kerja Komisi X dan juga Badan Litbang Kemendiknas. "Bagaimana metodenya nanti, itu belum ada keputusan," ujar Dodi.

Begitu juga dengan perihal apakah UN akan dijadikan sebagai penentuan kelulusan siswa atau tidak serta nilai ambang batas kelulusan. "Belum diputuskan juga. Secepatnya akan diusahakan selesai agar sekolah segera mendapat kejelasan," jelas Dodi.

Ujian Nasional saat ini tengah menjadi polemik dalam dunia pendidikan. Pengamat pendidikan dari Education Reform Suparman sebelumnya menyebutkan bahwa UN sebaiknya ditiadakan karena memberikan ketakutan psikologis kepada siswa. 

Protes juga muncul dari beberapa kalangan yang mengharapkan agar tahun depan UN tidak lagi dilaksanakan dan dijadikan penentu kelulusan.

RIRIN AGUSTIA

Tidak ada komentar: